Jumat, 08 November 2013

mempercepat pencarian OPAC SLiMS

Sekilas info ... saat ini perpustakaan kantor saya sedang proses validasi data dan migrasi database dari sistem lama buatan sendiri (.DBF) ke Slims (Meranti), migrasi database sudah berhasil dan sekarang dalam proses uji coba sistem. Server kantor saya cukup minimalis, isinya Xeon 3 GHz dan RAM 1 GB utk mendukung 4 sistem layanan & database-nya.

Jumlah data judul/bibliografi 42,303 (masih akan bertambah), jumlah data buku/item 53,73 (masih akan bertambah) dan jumlah anggota 4000 lebih. Masalahnya adalah .. saat melakukan pencarian data buku di komputer OPAC, ternyata fasilitas "Pembuatan Gugus Pencarian" atau "Search Cluster" membuat pemuatan data sangat lama (bisa lebih dari 2 menit) atau bahkan tampil pesan "connection time out". Hal ini juga terjadi saat data saya pindahkan ke komputer lokal untuk uji coba.

Solusinya adalah saya matikan fasilitas "Enable Search Clustering", yaitu dengan mengubah file " sysconfig.inc.php " pada baris 480 atau segmen " // Search clustering " dengan mengganti isi :

$sysconf['enable_search_clustering'] = true; menjadi
$sysconf['enable_search_clustering'] = false;

Hasilnya sangat menggembirakan ... setiap pencarian data buku hanya membutuhkan waktu kurang dari 1.5 detik.

Semoga sekilas info yang agak panjang ini bermanfaat untuk rekan-rekan pegiat Slims.

Agusev Sonnykov Hariyadinsky  @. Bogor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar